Apa Itu Bisnis Manufaktur

Apa Itu Bisnis Manufaktur – Bisnis manufaktur adalah jenis bisnis di mana perusahaan memproduksi barang dengan mengubah bahan baku, suku cadang, dan komponen. Barang-barang yang diproduksi oleh bisnis manufaktur dijual ke produsen, grosir, distributor, pengecer, atau pelanggan akhir lainnya.

Apa Itu Bisnis Manufaktur

Tokoam – Misalnya, produsen mainan adalah perusahaan yang memproduksi mainan dengan mengambil bahan baku untuk membuat mainan tersebut. Biasanya, untuk bisnis manufaktur untuk memproduksi barang dalam skala besar, mereka akan menggunakan teknologi, mesin canggih, robot, dan proses otomatis. Produk dirakit melalui interaksi manusia dan mesin yang umumnya menggunakan jalur perakitan.

Definisi Bisnis Manufaktur

Bisnis manufaktur adalah bisnis apa pun yang menggunakan bahan mentah, suku cadang, dan komponen untuk menghasilkan barang jadi. Perusahaan manufaktur dapat menjual barang jadi ke bisnis manufaktur lain, menjualnya ke perusahaan lain yang akan menjual barang tersebut kepada pelanggan akhir, atau dapat menjual langsung ke pelanggan akhir.

Baca Juga : Lembar Fakta Industri Manufaktur Global

Bisnis manufaktur biasanya menggunakan teknologi, komputer, robot, dan manusia untuk memproduksi barang dalam skala besar. Bisnis manufaktur bisa sangat sederhana di mana mereka merakit beberapa komponen untuk menghasilkan barang atau bisa sangat kompleks yang melibatkan proses produksi yang sangat kompleks.

Sifat Bisnis Manufaktur

A manufacturing company‚Äôs Sifat bisnis perusahaan manufaktur adalah “menciptakan” atau “memproduksi” produk akhir. Selain bisnis manufaktur, ada jenis bisnis lain seperti bisnis jasa dan bisnis merchandising. Bisnis jasa adalah jenis bisnis yang menyediakan produk tidak berwujud kepada kliennya, seperti saran, keahlian, dan pengetahuan. Bisnis merchandising adalah jenis bisnis yang membeli produk secara grosir dan menjualnya dengan harga eceran. Bisnis manufaktur, bisnis jasa, atau bisnis merchandising mungkin perlu membeli barang yang diproduksi oleh bisnis manufaktur yang memungkinkan mereka mencapai tujuan bisnisnya.

Jenis Produksi Manufaktur

Bisnis manufaktur umumnya menggunakan tiga jenis pendekatan produksi utama: make-to-stock, make-to-order, dan make-to-assemble. Make-to-stock (MTS) adalah pendekatan produksi manufaktur di mana pabrikan mempertimbangkan data penjualan sebelumnya untuk menentukan berapa banyak yang harus diproduksi ke depan. Make-to-order (MTO) adalah strategi produksi manufaktur dimana barang diproduksi setelah pelanggan melakukan pemesanan dan didasarkan pada spesifikasi produk pelanggan. Make-to-assemble (MTA) adalah pendekatan produksi manufaktur adalah jenis pendekatan di mana perusahaan manufaktur memperkirakan permintaan produknya untuk merencanakan kegiatan manufakturnya tetapi hanya akan mulai merakit produk ketika pesanan pelanggan diterima.

Jenis-jenis Proses Manufaktur

Ada empat jenis utama proses manufaktur: pengecoran dan pencetakan, pemesinan, penyambungan, dan pencukuran dan pembentukan. Pengecoran dan pencetakan adalah jenis proses di mana Anda biasanya memulai dengan cairan dan berakhir dengan produk padat. Pemesinan umumnya digunakan untuk menghasilkan produk logam selama proses produksi di mana Anda membutuhkan mesin untuk membantu Anda memproduksi suku cadangnya. Bergabung adalah proses manufaktur di mana Anda mengelas atau mengikat bahan menjadi satu. Berbagi dan membentuk adalah proses manufaktur di mana Anda memotong bahan menjadi beberapa bagian..

Contoh Bisnis Manufaktur

Mari kita lihat beberapa contoh bisnis manufaktur untuk lebih memahami jenis bisnis ini.

Contoh 1

Mobil umumnya diproduksi oleh pabrikan. Untuk memproduksi mobil dalam skala besar, Anda memerlukan mesin, robot, komputer, dan manusia yang sangat canggih untuk berinteraksi satu sama lain di jalur perakitan untuk memproduksi mobil agar memenuhi spesifikasi pelanggan.

Contoh 2

Contoh lain dari bisnis manufaktur adalah perusahaan yang memproduksi produk farmasi. Sebuah perusahaan farmasi perlu menggunakan proses yang rumit untuk memproduksi obat, tablet, atau produk medis yang digunakan oleh individu dan rumah sakit untuk mengobati berbagai jenis penyakit.

Contoh 3

Ada perusahaan manufaktur yang memproduksi makanan beku seperti pizza beku. Untuk memproduksi pizza beku, perusahaan manufaktur perlu menggunakan jalur perakitan untuk memproduksi semua pizza beku yang dibutuhkan yang pada akhirnya akan dijual oleh pelanggan akhir oleh perusahaan manufaktur secara langsung atau melalui pengecer .