Dua Jenis Produk Manufakturing

Dua Jenis Produk Manufakturing

Dua Jenis Produk Manufakturing – Manufakturing adalah sebuah pengolahan dari bahan mentah menjadi bahan jadi siap digunakan. Untuk melakukan pengolahan ini maka dibutuhkan sebuah proses kimia dan fisika. Nantinya akan didapatkan sebuah bentuk, sifat, dan tampilan yang berbeda menjadi produk yang lebih baru dengan harga yang lebih tinggi. Manufaktur juga merupakan kegiatan perakitan sebuah barang yang belum siap jadi menjadi barang yang siap digunakan. Perusahaan manufaktur sendiri sedikit berbeda dengan perusahaan lainnya. Jika sebuah perusahaan tertentu lebih mengutamakan penggunaan tenaga kerja manusia, namun sedikit berbeda dengan perusahaan manufaktur. Perusahaan ini lebih mengutamakan penggunaan mesin dan alat, namun tetap membutuhkan tenaga kerja khusus.

Produk manufaktur memang ada banyak sekali. Namun pada dasarnya produk manufaktur dibedakan menjadi dua jenis yakni consumer goods dan capital goods. Kedua jenis produk ini sangat mudah untuk ditemukan dikehidupan sehari – hari. Hampir setiap harinya semua orang menggunakan barang – barang produk manufaktur. Tingginya permintaan akan barang manufaktur membuat semakin banyak perusahaan manufaktur yang didirikan di Indonesia. Barang – barang manufaktur bisa didapatkan dengan sangat mudah dengan harga yang relative terjangkau.

Produk manufaktur consumer goods yakni barang yang bisa langsung digunakan oleh pembelinya. Sehingga setelah membeli produk tersebut bisa segera digunakan tanpa harus melakukan proses tambahan. Contoh dari barang consumer goods ini adalah barang elektronik dan otomotif. Dalam kehidupan sehari – hari kedua jenis barang ini pasti selalu anda gunakan. Misalnya seperti alat elektronik berupa televisi, radio, mesin cuci, kulkas, kompor listrik, dan berbagai alat elektronik lainnya. Biasanya ketika pembeli membeli alat elektronik tersebut bisa langsung digunakan setelah membelinya.

Dua Jenis Produk Manufakturing

Sedangkan untuk yang capital goods adalah barang yang dibeli yang bisa langsung digunakan, namun juga bisa digunakan untuk memproduksi hal baru. Misalnya pesawat terbang dan juga kapal. Kedua alat transportasi ini bisa digunakan untuk memproduksi hal baru. Selain itu ada juga barang – barang hasil tekstil dan garmen. Produk yang dihasilkan bisa dibuat menjadi produk baru. Misalnya dari kapas menjadi benang, benang menjadi kain, kain dirubah menjadi baju dan berbagai barang berbahan kain. Produk ini bisa digunakan untuk menghasilkan produk dengan nilai jual yang lebih tinggi.

Perusahaan manufaktur ini memang bertujuan untuk merubah bahan mentah menjadi bahan jadi sehingga mempunyai nilai jual yang lebih tinggi. Kedua jenis produk manufakturing ini merupakan produk yang sering digunakan untuk kehiduapan sehari – hari. Sudah banyak perusahaan yang menjual berbagai barang manufaktur ini. Contoh produk manufaktur lainnya yang bisa anda temukan adalah produk makanan minuman dan kerjaninan. Produk – produk manufakturing ini bisa mulai anda gunakan sesuai dengan kebutuhan anda.

Sosial Media

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *